Thursday, April 4, 2013

Sejarah StandUpTRK

Ada yang bilang JAS MERAH, apa itu? mimin pun gak tau.. katanya sih Jangan Sampai Melupakan Sejarah. Nah, di page ini mimin mau bercerita dikit tentang sejarah terbentuknya Stand Up Comedy Tarakan. cekidot ya..
.



Stand Up Comedy tarakan terbentuk pertama kali tanggal 14 februari 2013, bertepatan tuh dengan hari kamis dan hari kasih sayang, nah awalnya terbentuk sih dari adanya akun twitter @SUCTarakan, penasaran lah mimin kan siapa yang buat akun SUCTarakan nih, pas di selidiki rupanya yang buat akun tuh temannya mimin, namanya ikbal, kalo mau tau orangnya langsung follow aja lah kan twitternya @kakibal, Alasan ikbal buat akun stand up ini ceritanya agak absurd ya, dia bilang gak bisa tidur, nah di buatnya lah kan akunnya nih, baru dia bisa tidur. #ABSURD

Si ikbal nih buat akun twitternya pas tanggal 12 februari 2013, alasannya dia mau ngumpulin anggota dalam waktu 2 hari, dan akhirnya terkumpul lah beberapa orang gokil pencetus Stand Up Comedy Tarakan, waktu itu termasuk mimin juga orangnya. hehe

Pada waktu itu terkumpulah beberapa comic yang menjadi cikal bakal terbentuknya stand up comedy tarakan, dan mereka adalah Ikbal, Fajar, SaputraNR, Fadil, Ferry, Yogi, Ayib, Herry, Agustab, Joko dan Jeter.

Pada waktu itu juga dikumpulkan lah para comic tersebut disuatu tempat yang bernama TO ladang, alias Taman Oval Ladang. dan dari perkumpulan ini tercetus juga kegiatan Stand Up Comedian Tarakan yang dinamakan Temu Comic alias #TemuComic, dan kegiatan temu comic ini selalu dilaksanakan seminggu sekali, yakni dihari rabu jam 07.30pm. tempat biasa komunitas ini temu comic yakni di TO  Markoni, alias Taman Oval Markoni, yahhh masih ada saudaraan sama TO ladang lah. Di kegiatan temu comic ini biasanya sih kita bakal saling share, atau tukar pikiran tentang stand up comedi dan bisa juga jadi ajang buat tes materi. dan juga di temu comic ini kita bakal merekrut orang-orang yang mau menjadi seorang comic. Jadi intinya temu comic ini umum bagi orang-orang yang mau gabung di komunitas kita.

Oke deh, lanjut cerita mimin yang tadi aja ya. Jadi saat dikumpulkannya para comic-comic tersebut mereka pun mulai ngebahas untuk mendirikan komunitas Stand Up Comedy di kota tarakan, dan yang pertama di bahas adalah base camp untuk perkumpulan komunitas ini, dan pada waktu itu kebetulan ada sebuah cafe yang mau kerja sama dengan komunitas ini, dan cafe itu adalah Kedai Tim Teng (@KedaiTimTeng), kebetulan ownernya kedai tim teng mau menampung kita, dan akhirnya Kedai Tim Teng pun menjadi saksi bisu Open Mic pertama komunitas ini.

Dan pada waktu itu Open mic yang untuk pertama kalinya pun dilaksanakan di kedai tim teng pada tanggal 16 februari 2013. comic yang pertama kali open mic pada waktu itu ada Fadil, SaputraNR, Ayib, Ikbal, Ferry, Hery, Gepeng dan Fajar.

Setelah 3x melaksanakan yang namanya Open Mic, akhirnya pada tanggal 08 maret 2013 Stand Up Comedy Tarakan pun membuat acara launching komunitas tersebut, dan pada waktu itu juga udah terbentuk struktur komunitas stand up tarakan, selain struktur komunitasnya nama akun twitter @SUCTarakan pun berubah menjadi @StandUpTRK. Dan bagi kalian yang pengen tau struktur komunitas kita, ini dia mimin kasih liat struktur komunitas stand up comedy tarakan:

Ikbal (@kakibal) sebagai pendiri stand up tarakan.
SaputraNR (@saputraNR) sebagai ketua stand up tarakan.
Yogi (@YogiJapit) sebagai skretaris stand up tarakan.
Fadil (@fadilsumarwan) sebagai bendahara stand up tarakan.
Ferry (@peryfz) dan herry (@herryfitrian) sebagai penanggung jawab stand up tarakan.

Nah jadi inilah tonggak sejarah terbentuknya komunitas Stand Up Tarakan, berawal dari keisengan seorang remaja yang gak bisa tidur lalu membuat akun stand up tarakan dan akhirnya komunitas ini berkembang pesat seperti sekarang ini. Mungkin sekian dulu sejarah stand up tarakan yang mimin ceritain, semoga bisa menjadi referensi buat teman-teman yang ada di daerah lain khususnya di daerah utara kalimantan untuk membentuk komunitas stand up comedy dikotanya. #VivaLaKomtung

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...